Komparasi Honda New Mega Pro vs Yamaha Byson
PT. AHM selaku ATPM motor Honda telah menghadirkan Mega Pro terbarunya, dengan harga cukup kompetitif bahkan lebih murah dibanding pesaing terdekatnya Yamaha Vixion. Sebenarnya lawan yang sepadan dengan Honda Mega Pro terbaru ini bukanlah Vixion tapi Yamaha Byson yang sebentar lagi juga akan keluar. Karena spesifikasi Yamaha Vixion masih lebih banyak keunggulanya dibanding Mega Pro, seperti rangka sudah delta box sedangkan Mega Pro masih model lama, lalu injeksi pada Vixion membuat tenaganya lebih besar dibanding Mega Pro yang masih karburator. Sehingga harganya pun lebih mahal Vixion (Rp20jutaan) ketimbang Mega Pro (Rp19,5 juta) yang masih fresh.
Prediksi PT. YMKI akan mengeluarkan motor sport baru bernama Byson pun sudah sangat meyakinkan karena pada facebook Yamaha Indonesia sudah membuka kran inden 200 pembelian pertama motor jenis sport terbaru Yamaha dengan background hewan bison. Cara ini tentu untuk menghambat pasar Mega Pro yang barusan dilaunching saat IIMS lalu. Sekarang mari kita komparasikan kedua motor laki yang bakal bertarung habis-habisan di pasar motor sport kelas menengah ini.
Honda New Mega Pro
Motorsport yang lebih dulu keluar di India dengan nama Unicorn Dazzler ini meskipun kapasitas mesinya diturunkan menjadi 150cc doang tenaganya tetap terjaga sebesar 10,1KW atau sekitar 13PS lebih karena mengusung teknologi terbaru Honda. Dengan desain lebih modern ketimbang model lawas, Honda sepertinya memang sudah tidak bersifat konservatif seperti era lama, banyak sentuhan baru di motor “Primus” ini seperti bentuk lekuk tangki yang sporti banget tidak kayak model lama yang terlihat cupu, penambahan air scoop yang sebenarnya menurutku keliatan kebesaran, pemasangan batok lampu yang mulai ngetren lalu paling kentara pada suspensi belakang yang sudah mono shock meninggalkan era lama double shock.
Harga yang ditawarkan pabrikan sayap mengepak ini kelihatan sangat murah karena sudah diturunkan 1juta dibanding Mega Pro lama. Selain itu, jika dibandingkan dengan Yamaha Vixion juga tetap lebih murah New Mega Pro 1juta. Tetapi entah nanti Yamaha Byson bisa lebih murah atau tidak dari Honda New Mega Pro.
Inilah spesifikasi lengkap Honda New Mega Pro:
- Harga : Rp 19.500.000,- (OTR Jakarta)
- Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendinginan udara
- Kapasitas mesin : 149,2 cc
- Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
- Daya Maksimum : 10,1 kW / 8.500 rpm
- Torsi Maksimum : 12,8 Nm / 6.500 rpm
- Panjang X lebar X tinggi : 2.050 x 757 x 1.075 mm
- Jarak Sumbu Roda : 1.313 mm
- Jarak terendah ke tanah : 152 mm
- Berat kosong : 136 kg
- Tipe rangka : Pola Berlian (diamond steel)
- Tipe suspensi depan : Teleskopik
- Tipe suspensi belakang : Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
- Ukuran ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless
- Ukuran ban belakang : 100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless
- Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
- Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
- Kapasitas tangki bahan bakar : 12,0 liter
- Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1 liter pada penggantian periodik
- Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
- Gigi Transmsi : 5 kecepatan
- Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5
- Starter : Pedal & starter elektrik
- Aki : MF 12 V – 5 Ah
- Busi : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
- Sistem Pengapian : DC – CDICDI
Yamaha Byson
Jika dilihat dari bentuk tangki motor, Yamaha Byson kelihatan lebih berotot dari pada Honda Mega Pro karena adanya lekuk-lekuk khas motor aliran streetfighter sejati, padahal sebenarnya volume tangki sama-sama 12 liter. Bentuk knalpot yang lebih gemuk juga kelihatan lebih asyik dilihat ketimbang milik Mega Pro yang masih biasa-biasa saja.
Jika di India motor ini dinamai Yamaha FZ berkapasitas 153cc dibuat 2 model yaitu neked bike n semi fairing yang dinamai Fazer. Pihak YMKI belum ngasih info model mana yang akan dipakai buat Yamaha Bison ini. Kalau menurutku sih sebaiknya dikeluarin semua model karena dua-duanya sama kerenya, gimana? Pada setuju kan…
Teknologi dari motorsport keluaran pabrikan garpu tala ini sebenarnya masih konvensional sama kayak pada Mega Pro seperti rangka motor underbone n mesin masih karburator, sehingga harganya pasti lebih murah ketimbang Vixion, bahkan bisa lebih murah dari Honda New Mega Pro. Tenaga yang dikeluarkan Byson 14PS ternyata lebih gede dari pada Mega Pro, tapi masih dibawah Vixion (14,88PS). Tapi bisa jadi kehadiran Yamaha Byson justru mengeruk pasar Yamaha Vixion karena lebih terjangkau n lebih simpel perawatanya.
Ini dia spesifikasi lengkap Yamaha Byson:
- Mesin : Air-cooled, 4-stroke, SOHC, 2-valve
- Kapasitas : 153.0cc
- Bore & Stroke 58.0 × 57.9mm
- Rasio kompresi : 9.5:1
- Tenaga maksimum : 14PS / 7500 rpm
- Torsi maximum : 14 N.m / 6000 rpm
- Ignition type : C.D.I. with 3 dimension digital
- Primary/secondary reduction ratio 3.409 / 2.857
- Transmisi : 5-speed
- Gear ratio 1st=2.714 2nd=1.789 3rd=1.318 4th=1.045 5th=0.875 Cylinder layout Single Cylinder
- Panjang × Lebar × Tinggi : 1,970mm × 770mm × 1,085mm
- Wheelbase : 1,335mm
- Ground clearance : 160mm
- Berat : 135 kg
- Fuel tank volume : 12 liters
- Engine oil volume : 1.2 liters
Bro kata temen2 ku pemakai vixion diprediksi cost maintenace vixion bakalan tinggi karena harga sparepartnya mahal. sedangkan byson lebih murah betul ngga sih…kalo ta kroscheck ke mekanik yamaha terdekat sih yamaha sdh siap dng spare parts tapi untuk vixion krn sdh injection bbrp parts dalem lebih mahal malah katanya ada bbrp yg hanya distok di dealer-dealer utama saja..sedangkan mega pro baru parts nya masih sama sama yg lama…tp buat aku sih kedua motor baik byson sama mega pro sama-sama asik…misal punya dua-duanya jg asik aja.. he he he…
iwan - October 19, 2010 at 2:13 am |
kalo menurut saya juga gitu bro…
perawatan vixion emang lebih mahal…
apalagi gak semua bengkel bisa buat service tuh motor…
soalnya buat vixion khan injection…
kalo mau setel harus lewat ECU…
dan gak semua bengkel punya tuh alatnya…
jdi mending bison apa megapro yg bisa diseting manual cuma pake obeng aja…
kalo saya sih pingin bison aja…
kliatan lebih gagah drpd megapro…
tpi tergantung selera masing-masing juga sih…
hehehehehe
galihanaka - October 21, 2010 at 3:44 am |
gw mo tanya , ok lah mega pro Vs Byson sama2 mantap. nah kalo Byson Vs Scorpio Special Edition scr body dan performa maupun sperpartnya mudah dicari gak??
thanks…
ary - October 24, 2010 at 8:44 am |
kalo masalah sperpart buat scorpio saya belum tau…
namanya juga motor baru…
kalo awal2 gini pasti agak susah nyarinya…
tapi untuk beberapa bulan kedepan pasti udah ada dimana-mana…
namanya juga Indonesia…
paling cepet urusan bajakan ato kw…
hehehehehe
kcuali sperpart yang dibutuhin sama kayak scorpio yg versi sebelumnya…
galihanaka - October 29, 2010 at 2:43 am |
Pernah baca itung-itungan biaya perawatan Injeksi n Karbu, Injeksi lebih murah Bro, bisa servis 4 bulan skali…
Cari aja di Gogle, banyak artikelnya…
Slam - October 26, 2010 at 1:13 am |
okelah mungkin dari segi jangka waktu servicenya buat injeksi lebih bisa tahan lama…
saya juga pernah make motor injeksi…
pasokan bahan bakarnya pun lebih irit dibanding yang pake karbu…
tapi dari segi fleksibilitas perawatannya khan juga beda…
kalo injeksi setting nya harus pake alat khusus…
dan itu gak tentu ada disetiap bengkel…
apalagi kalo lokasi kita jauh dari bengkel resmi atopun bengkel yang dah bisa support buat motor injeksi…
nahh itu yang jadi pertimbangan saya…
dan untuk masalah service sih tergantung juga pemakaian nya sehari-hari…
thank’s…
CMIIW…
galihanaka - October 29, 2010 at 2:51 am |