motor-motoran
Just another WordPress.com site

Bikers dan Puasa

Kemacetan jadi santapan rutin pengendara, terutama di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar. Saat berpuasa, di tengah kemacetan harus bisa menahan amarah. Itu salah satu dampak positif puasa bagi kesehatan adalah kestabilan jiwa.

Menahan emosi tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang tengah menjalankan ibadah puasa. Tips seputar cara mencegah atau menahan amarah tentunya juga jadi sangat penting dan berguna bagi siapa saja. Apalagi, bagi pengendara harian. Sebab, potensi meledaknya emosi saat berkendara sangat besar.

“Kemacetan sangat tidak nyaman bagi setiap pengendara. Jika diperkirakan akan terjebak kemacetan di jalan, lebih baik menunggu saatnya berbuka puasa terlebih dahulu. Setelah membatalkan puasa dan sedikit makan baru kemudian pulang,” saran Made Surya, instruktur safety riding PT Astra Honda Motor.

Namun, menurut Made, seandainya pun terpaksa harus berkendara di sore hari, sebaiknya persiapkan dahulu makanan atau minuman yang bisa dikonsumsi ketika waktu berbuka puasa tiba.

Jenis makanan dan minuman untuk persiapan darurat buka puasa juga harus disesuaikan. “Jangan membawa makanan berat. Pilihlah roti, kue, biskuit, permen, jajanan pasar, atau apapun yang dapat digunakan untuk membatalkan puasa,” tambah Joel Deksa Mastana, instruktur safety riding.

Joel menambahkan waktu berbuka merupakan jam paling rawan. Banyak pengendara yang nampaknya kurang mempedulikan keselamatan diri dengan harapan cepat sampai di rumah. “Sering kali terjadi kecelakaan di waktu menjelang berbuka puasa. Untuk tahun ini sebaiknya hindari kelakuan seperti itu,” jelasnya.

Ketertiban dalam berkendara mencerminkan kepribadian pengendaranya. Melalui tertib di jalan raya, dan saling menghargai antara sesama pengguna jalan raya, kita ciptakan kenyaman berkendara. Dari pada terkena masalah seperti kecelakaan lalu lintas, lebih baik hati-hati dan sabar dalam berkendara. Mari tetap terapkan safety riding dalam menjalani
puasa.

Sumber

No Responses to “Bikers dan Puasa”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: